Kesehatan

3 Alasan Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan?

Lemon merupakan sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.

Pohon berukuran sedang ini dapat mencapai 6 m dan tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin.

Kandungan Buah Lemon

Dalam 100 gram jeruk lemon mengandung:

  • Air 85 gram
  • Protein 1 gram
  • Lemak 0,9 gram
  • Serat I,7 gram
  • Karbohidrat 11,1 gram
  • Tiamin 0,02 mg
  • Riboflavin 0.01 mg
  • Niacin 0,01 mg
  • Vitamin C 39 mg
  • Kalsium 70 mg
  • Fosfor 10 mg
  • Besi 2,3 mg
  • Energi 57 kkal

Lemon ini salah satu buah yang bisa menurunkan berat badan ternyata. Perasan air lemon, atau jeruk nipis ini, kerap diklaim memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Bahkan, banyak orang menganggap bahwa dengan minum air lemon bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan. Di bawah ini fakta-fakta manfaat lemon untuk orang yang menjalani diet.

Alasan Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan

  • Memiliki Kalori yang rendah

Beberapa orang yang manfaatkan lemon sebagai langkah turunkan berat tubuh karena kandungan kalorinya yang rendah. Sebagai contoh, perasan 1/2 lemon ke air umumnya memiliki kandungan 6 kalori.

Oleh karena itu, mengganti minuman memiliki kalori tinggi seperti minuman bersoda sama air lemon kemungkinan baik pada kurangi konsumsi kalori. Walau demikian, beberapa pakar masih perlu riset kelanjutan untuk menunjukkan faedah yang ini. Ditambah lagi, air lemon tidak terhitung minuman bebas kalori, tapi minimal bisa hasilkan dampak yang tidak berbeda jauh.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Endocrionology and Metabolism, diketahui menenggak 17 ounce air bisa meningkatkan kecepatan tubuh membakar kalori dalam satu jam ke depan. Air tersebut tidak ditambahkan apa-apa. Lemon memang mengandung vitamin C yang bukan hanya baik bagi kesehatan, tapi juga bermanfaat dalam pembakaran lemak. Riset membuktikan, orang yang cukup mengonsumsi vitamin C membakar lemak 30 persen lebih banyak saat melakukan olahraga intensitas tinggi. Jangan lupa untuk selalu mengontrol berat badan, dengan cara menghitung berat badan ideal .

Alasan Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan

Air lemon juga kaya akan pektin, jenis serat yang dapat mencegah peningkatan kadar gula darah dengan cara memperlambat makanan sampai ke lambung. Vitamin C sendiri bisa kita dapatkan dari banyak sumber, bukan hanya lemon. Misalnya saja buah kiwi, pepaya, stroberi, sayuran brokoli, kale, dan sebagainya. Buah-buahan dari keluarga jeruk, seperti lemon, jeruk bali, dan sebagainya memiliki kelebihan lain karena merupakan sumber pektin.

  • Menjadi tidak dehidrasi

Selainnya rendah kalori, air lemon dipandang bisa untuk diet karena jaga badan masih tetap terhidrasi. Penuhi keperluan cairan sebagai salah satunya poin penting, khususnya saat Anda jalani diet.

Ini karena badan yang masih tetap terhidrasi menolong mengurus peranan badan. Bahkan juga, riset dari Frontiers in Nutrition menunjukkan jika tingkatkan keperluan cairan bisa menolong membakar lemak.

Tidak itu saja, masih tetap terhidrasi menolong kurangi penyimpanan air yang dapat mengakibatkan perut kembung dan tambahan berat tubuh.

Menurut Food and Nutrition Board, pedoman umum menyatakan bahwa setiap orang harus mengonsumsi air minimal 2,6 sampai 3,6 liter setiap hari —dari makanan dan minuman.

Alasan Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan

Air lemon dapat membantu Anda mencegah dehidrasi. Cukup tambahkan sedikit lemon ke dalam air dan minumlah secara rutin setiap hari.

Langkah ini akan memastikan asupan Vitamin C secara optimal dan menjaga Anda tetap terhidrasi sepanjang hari.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh
    Beberapa pakar memiliki pendapat jika kenaikan metabolisme badan bisa menolong turunkan berat tubuh. Ini dapat diraih dengan jaga keperluan cairan badan, seperti minum air lemon. Mereka mengutarakan jika badan yang terhidrasi bisa tingkatkan peranan mitokondria alias tipe organel (sisi sel) yang menolong hasilkan energi. Ini sudah ditunjukkan lewat riset yang termuat dalam International journal of obesity.

    Riset itu memberikan laporan dampak air minum pada 21 anak yang berat badan yang berlebih. Minum 0,3 ons air per 2,2 pon berat tubuh (10 ml/kg) tingkatkan metabolisme 25% sepanjang 40 menit. Riset membuktikan bahwa minum cukup air membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, tingkat hidrasi yang baik bisa meningkatkan fungsi mitokondria atau sejenis organel yang ditemukan dalam sel untuk membantu menghasilkan energi.

    Hal ini bisa memicu peningkatan metabolisme yang mengarah pada penurunan berat badan. Tingkat air yang cukup dalam tubuh juga bisa menginduksi termogenesis yang meningkatkan metabolisme tubuh. Air lemon juga bisa membantu mengisi cairan tubuh sehingga juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Alasan Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan

Baca juga: Tenggorokan Muncul Sariawan